Nasib Koin-koin Itu Selanjutnya

1 01 2010

Saat awal gerakan ‘koin keadilan’, aksi pengumpulan koin untuk mbak Prita, saya hanya melihat koin – koin tersebut pada nilai psikologisnya saja yaitu dukungan yang sangat besar untuk mbak Prita untuk melawan ketidakadilan yang mencoreng moreng wajah penegakan hukum di Indonesia. Bukan karena jumlah totalnya yang mencapai 825 juta rupiah (kompas.com), tapi nilai total tersebut terkumpul lewat koin, pecahan terkecil dalam mata uang, untuk menunjukkan banyaknya dukungan.

Setelah akhirnya secercah keadilan menghangatkan dunia peradilan kita dengan divonis bebasnya mbak Prita dari segala tuntutan pidana (dan segala tuntutan perdata setelah sebelumnya gugatan perdata dicabut oleh penggugat) saya anggap tugas psikologis koin – koin tersebut telah usai. Dan saya tersadar kembali bahwa koin-koin tersebut masih memiliki nilai nominal.

Menunggu keputusan mbak Prita, meskipun hak penggunaan koin-koin tersebut telah diserahkan sepenuhnya ke mbak Prita, akan diapakan ya uang sebanyak (literally) itu? Akankah nilai nominalnya juga punya manfaat besar kepada masyarakat luas seperti nilai psikologisnya? Sekedar penasaran saja, he he he…


Actions

Information

One response

1 01 2010
DosGil

Coin a chance beda sepertinya sama koin keadilan prita …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: